Mau Dapatkan uang

Program Affiliate Indowebmaker

MUSIK DAN RADIO

Filed under: by: Jaini munaiseche

A. Musik di Radio

Sudah sejak lama radio menjadi partner utama Industri musik, pemutaran karya
musik yang baru di release(melalui radio), adalah strategi terbaik agar karya itu
segera dikenal, digemari dan dibeli oleh masyarakat. Sebaliknya masyarakat
pendengar radio, salah satu tujuannya untuk mengetahui produk musik terbaru
dari group, penyanyi atau warna musik yang digemari. Hubungan intim ini
paling tidak berlangsung hingga muncul era video klip di TV. Walaupun
sebenarnya saat ini pun industri musik tidak meninggalkan radio. Lalu berapa
jauh musik mempengaruhi dunia radio?.


B. Program Musik

Tentu bisa dipahami jika musik menjadi sal ah satu program utama suatu radio,
entah radio komersial, ataupun non komersial. Dan untuk membuat program
musik., broadcaster harus setia kepada format station yang telah dipilih

1. Pilihan Pendengar

Hampir setiap format station yang mengacu pada musik,
memiliki program ini. Perencanaan dan penyelenggaraan sederhana.
Cukup pendengar memesan dan penyiar memutarnya.
Ada pula yang membuat program ini secara lebih terbatas,
misalnya pilihan pendengar(pilpen) lagu-lagu keroncong, pilpen
lagu pop saja, Katon Program, Beatles time dan lain-lain. Sedangkan
nama/judul programnya bisa apa saja tentu harus menarik
pendengar.

2. Tangga lagu/Chart

Program inipun banyak dijumpai di banyak radio. Program
ini mengembangkan popularitas suatu lagu, berdasark an data
pemesanan pendengar. Sayang banyak pula yang diproduksi asal jadi
berdasarkan asumsi produsen ataupun pesanan perusahaan
rekaman(kolusi)

3. New Release
Program yang menampilkan produk lagu -lagu baru. Biasanya
diproduksi perusahaan rekaman, untuk memperkenalkan produk
rekaman terbarunya.



4. Legenda

Program yang menampilkan profil dan karya penyanyi atau
group yang pernah(sangat) terkenal. Bisa pula digolongkan pada
jenis musiknya, misalnya Slow Rock legenda, jazz legenda, country,
dan lain-lain.

5. Sejak bersama

Program yang menampilkan satu penyanyi/group saja,
lengkap dengan profilnya. Masih banyak lagi program musik yang
bisa dibuat sesuai kebutuhan pendengar anda.

B. Perencanaan

Setelah format atau jenis musiknya diketahui, Buatlah perencanaan
yang matang bahkan terinci. Beberapa instrumen bisa digunakan agar
musik yang diputar di radio anda terkontrol sesuai dengan format
station dan tentu dengan kebutuhan dan selera target audience Radio
Anda.


1. Buatlah rencana Siaran(RS)

Setiap penyiar yang akan bertugas, minimal 2 hari sebelumnya harus sudah
menyusun RS. RS inilah yang kemudian dikontrol dan harus disetujui
“musik editor”. Dengan demikian, semestinya 2 hari sebelumnya semua lagu
yang diputar hari ini sudah diketahui.

2. Music Editor/Director

Dialah yang paling bertanggung jawab atas lagu-lagu yang diputar.
Jika tidak digunakan sistem RS, maka musik editorlah yang
menyusun rencana lagu yang akan diputar.

3. Kode pola lagu

Untuk memudahkan penyusunan RS, bisa didukung adanya kode
pola lagu yang menggolongkan la gu berdasarkan tahun
terbitnya/populernya contoh O=old-8 tahun ke belakang sejak
sekarang=………..-1993.
M= medium = 1994-1997
H= Hits
= 1998-2001
N= baru bukan hits = 1998-2001 dst.

Tidak ada patokan khusus untuk penyusunan kode lagu ini, selain
kebutuhan dan selera pendengar radio Anda. Programmer saat menyusun
pedoman siaran cukup menuliskan:
Acara : Nada pagi
KPL
: O-M-H-N (berulang-ulang)

Kode pula lagu ini juga diterapkan di acara pilpen, sehingga lagu-lagu yang
tidak sesuai KPL boleh ditawarkan diganti.

4. Selain KPL?

- Untuk chart lagu dan program sejenisnya, naskah harus
dipersiapkan dengan cermat. Lebih aman jika program itu
direkam dahulu.
- Pada pedoman siaran perlu disebutkan pula irama lagunya.
Misalnya:
Acara
: Tembang pertiwi
KPL
: O-M-H
Irama
: Riang
- Jika anda ingin lebih fokus dan terkontrol, singkirkan CD/KZ
yang tidak diperlukan dari almari diskotik. Simpan ditempat
khusus.
- Dilarang membawa CD/KZ ke luar Studio.
- Dilarang membawa CD/KZ sendiri diluar koleksi yang tersedia.
- Semakin pemahaman tentang musik yang diputar di radio
Anda, sehingga seluruh crew memahami benar.

D. Koleksi Musik

1. Belilah CD/KZ yang sesuai dengan format stasiun Anda.
2. Buatlah katalog CD/KZ, bisa dalam bentuk buku ataupun computize. Buku
katalog sebaiknya dibuat 2 versi, berdasarkan nama penyanyi/group dan
berdasarkan judul lagu serta selalu diikuti kode CD/KZ-nya.
3. Buatlah kode CD/KZ, misalnya:
F = Female
atau
j = jazz
atau
I= Indonesia
M =Male
C = Country
B= Barat
G =group
K = Klasik
K= Keroncong
C =compilation
P = Pop
G = Gending
I =Instrumental
R = Rock
Sehingga pada katalog tertulis F.1 , G.25, B.49 dan seterusnya.
Pertimbangan faktor kemudahan dalam mencari CD/KZ tersebut, terutama
berkaitan dengan program dan format station anda. Urutan nomor katalog
sesuai tanggal pembeliannya sehingga koleksi baru bisa dipastikan memiliki
nomor terbesar. Lebih baik lagi, jika tiap kode diberi warna yang berbeda,
khususnya untuk KZ contoh:
I
S
O
N
7
Sedang kode dan nomor CD sebaiknya ditulis cukup jelas namun tidak
menutup sampul CD.
4. Almari CD/KZ sebaiknya
a. Bebas ngagat
b. Bebas jamur
c. Bebas debu
d. Untuk menjaga kelembaban biasa digunakan silicon gel
e. Mudah dijangkau (tidak terlalu tinggi, tidak terlalu besar lacinya)
f. Mudah dibuka dan ditutup
5. Penyimpangan CD/KZ sebaiknya
a. Tiap kotak/laci tidak memuat terlalu banyak CD/KZ sehingga sulit
untuk dibuka.
b. Kode CD/KZ mudah dibaca.
c. Kembalikan CD/KZ dengan posisi yang benar, cermat dan tepat
posisi(nomornya).
d. CD/KZ yang rusak dipisahkan atau diberi tanda khusus.

E. Departemen Musik

Musik Dirctor= bertangungjawab atas segala urusan musik.
Musik Editor = menyeleksi dan menyiapkan musik yang akan diputar.
Diskotik
= bertanggungjawab mengadakan/membeli, mengoleksi,
menyimpan, merawat, semua CD/KZ baik yang rutin atau
sesekali pakai. Boleh pula ditambah tugas mengarsipkan
berbagai sumber informasi musik, membahas surat-surat
dari perusahaan rekaman dan lain-lain.



F. Singkat Cerita

Program Director
Music Editor
Penyiar
Diskotik
Format Station
Target Audience
Format/Jenis Musik
Siaran Musik
Target Audience
RS Musik
Musik Editing
Musik Editor
Format Station


G. Catatan
Pada setiap penyusunan program, perhitungkanlah semua aspek dengan cermat,
terutama masalah etika




0 komentar: